Sejarah Golden Retriever

Golden Retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Anjing trah ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Bulu mereka keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Mereka dibiakkan sebagai anjing yang secara intuisi menyenangi air. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (Search and Rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun. Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia (menurut statistik pendaftaran anjing).

Orang pertama yang menghasilakan golden retriever adalah Sir Dudley Coutts Marribanks MP. Atau biasa disebut Lord Tweedmouth. Ia tinggal bersama keluarganya di Brook House ,Park Lane London. Dia sangat mengemari olah raga berburu.ALokasi yang disukainya adalah Kotlandia.Disana ia memiliki tempat peristirahatan yang dinamai Giuschan Esttate yang dibangun pada tahun 1824. lebih dari 52.000 poudsterling dihabiskan untuk membangun rumah mewah tersebut.

Sebagai seorang pemburu sejati, Lord Tweedmouth mengidamkan se ekor anjing pendamping berburu yang tidak hanya pandai menjemput, tetapi juga mampu mengantarkan buruan kepadanya. Saat itu ia mendapat hadiah Nous, anjing sejenis Yellow retriever, Secara kebetulan ia pun memiliki Belle yang berjenis water spaniel. Menurut Histori Of Quadrupeds karangan Thomas Bewick”s,, Sosok tubuh dan ukuran Belle mirip anjing jenis retriever berbulu merah hati. Kemudian Belle dikawinkan dengan Nous untuk mendapatkan anjing baru yang pintar berburu. Perkawinan tersebut menghasilkan 3 anak anjing berbulu kuning, yang menjadi cikal bakal lahirnya golden retriever. Perkawinan silang tersebut dilakukan selama tahun 1889 – 1890 sebelum Lord Tweemouth meninggal tahun 1894.

Sepuluh tahun setelah Lord Tweedmouth meninggal, pembiakan golden retriever dilanjutkan oleh Lord Hrcourth, pemilik Culham Kennel pada tahun 1904. Ia memulai pembiakan dari dua anakan yang dibawanya saat berkunjung ke Kerrow House.
Golden retriever justru berkembang di Amerika Serikat berkat jasa Lady Penthand, salah satu anggauta keluarga Lord Tweedmouth, saat itu ia membawa seekor golden retriever betina dan melahirkan anaknya di Amerika Utara pada tahun 1890.Inilah anjing pertama yang lahir diluar Negara asalnya, sejak itu anjing ini dikenal dan dikembangkan di Amerika Serikat dan Canada.

Meskipun golden retriever dengan jelas, berasal dari Skotlandia, sebagian orang beranggapan bahwa asal asul anjing ini dari Rusia, disana terdapat sejenis anjing yang dikenal dengan sebutan Russian sheep dog, anjing ini sering dipakai sebagai hewan sirkus keliling. Oleh karna itu, wajar bila sebagian masyarakat di sana menganggap anjing ini sebagai induk golden retriever.

Ada pula yang menduga golden retriever masih satu nenek moyang dengan Labrador retriever. Oleh karma itu mereka menganggap anjing ini berasal dari Amerika Serikat, Daya penciuman kedua anjing ini memiliki keistimewaan yang sama, Yaitu tajam dan pantang menyerah sebelum barang yang hilang ditemukan kembali, Keduanya banyak dimanfaatkan sebagai pelacak narkoba, Bom, dan penjahat.

Disebut golden karna bulunya senantiasa terlihat berwarna keemasan bila diterpa sinar, Tingkat kegelapan warna bulunya beragam, mulai dari hampir putih (brown white)hingga coklat kemerahan seperti tembaga. Awalnya trah ini dibiakan sebagai teman berburu burung dan unggas liar lainnya, Saat buruan telah tertembak dan jatuh, anjing akan mengambil dan menyerahkan buruan kepada tuannya secara utuh. Kemampuan inilah yang menyebabkan anjing ini disebut retriever. Perpaduan warna bulu dan keahlian inilah yang membuat anjing ini terkenal dengan sebutan Golden Retriever.

About agungwira

Jalani hidup seperti air mengalir

Posted on September 18, 2012, in Tentang Golden Retriever. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: