Agar Bulu Golden Retriever Tetap Indah

Siapa yang tak kenal jenis anjing golden retriever? Anjing tersebut banyak dipilih jadi peliharaan karena warna bulunya yang kee-masan, lebat, dan panjang. Hal ini pastinya tak lepas dari perawatan ekstra bulu cantiknya.Pecin-ta an-jing golden, Danang Siwi Nugraha, menjelaskan memandikan anjing secara benar dapat menghindarkan dari serangan penyakit kulit. Pertumbuhan bulu juga sangat dipengaruhi nutrisi vitamin bulu. Jadi intinya perawatan adalah hal terpenting bagi anjing.Bulu anjing terlebih dahulu disisir sebelum dimandikan. Untuk membuang semua bulu yang ron-tok, jika ada bulu yang kusut atau gimbal harus diluruskan terlebih dahulu. Jika bulu terlalu gimbal dapat dipotong. Bulu yang kusut atau gimbal dapat menahan kotoran dan bekas shampo yang mengaki-batkan bulu akan semakin kusut dan menyebabkan problem kulit di kemudian hari.“Selanjutnya, mandikan anjing bermata bulat ini di tempat khusus. Namun jika dimandikan di luar kamar mandi atau daerah terbuka seperti halaman depan rumah, jangan lupa mengikat-nya dengan tali pengikat agar le-bih mudah dikontrol,”

Basahi tubuh anjing sedikit demi sedikit. Bagian kepala tidak perlu dibasahi ter-lebih dahulu karena anjing cenderung melakukan ger-kan mengibas bila kepalanya terkena air. Pada saat dibasahi moncong dan bagian kepala anjing dipegangi agar ia tidak leluasa melakukan gerakan mengibas.Gunakan sampo anjing yang tidak terlalu keras dan tidak pedih di mata. Jika anjing memiliki problem kulit atau kutu, gunakan sampo yang sesuai. Bisa menggunakan shampo anti kutu atau shampo untuk mengobati sakit kulit jika anjing sedang mengalami masalah kulit. Oleskan shampo secara merata, dimulai dari bagian belakang tubuh anjing lalu ke depan. Gosok tubuh anjing hingga sampo berbusa,”

Usahakan agar busa shampo tidak masuk ke telinga atau ke bagian mata anjing. Pada bagian kepala dianjurkan pada akhir memandikan, dimulai dengan menyabuni bagian badan, ekor, kaki, hingga ke bagian atas kepala.Tubuh anjing selanjutnya dibilas dan pastikan tidak ada sabun yang tertinggal, karena hal ini akan menyebabkan ketombe pada anjing, sehingga timbul ketidaknyamanan manakala tubuh anjing telah mengering. Selanjutnya, bentangkan handuk pada anjing, dan biarkan ia mengibaskan tubuhnya.

Bila anjing tidak melakukan gerakan mengibas, tiup bagian telinga dengan keras. Biasanya langkah ini akan membuat anjing melakukan gerakan tersebut. Jika anjing memiliki bulu yang cukup tebal, peras bulunya dari bagian kepala terlebih dahulu, baru kemudian ke bagian punggung, perut dan terakhir di bagian kaki.“Hindari penggunaan sabun pencuci piring, hal tersebut tidak diperkenankan karena  mempunyai kandungan yang terlalu keras untuk kulit anjing dan dapat mengakibatkan problem kulit di masa yang akan datang,” jelasnya.Bulu anjing selanjutnya dikringkan menggunakan blower khusus untuk anjing. Jika meng-gunakan hairdryer harus diperhatikan suhunya, karena jika terlalu panas akan merusak kulit dan bulu anjing. Terakhir sisir kembali bulu anjing agar rapi.“Pemberian nutrisi vitamin khusus bulu juga dianjurkan, untuk menjaga kesehatan bulu agar tumbuh dengan lebat dan sehat,”

 

About agungwira

Jalani hidup seperti air mengalir

Posted on November 4, 2012, in Tips - Tips Golden Retriever and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. GAN , TOLONG BANTU SAYA. saya baru beli golden jantan 17bulan, bulu di badan n ekor rontok banget, dikepala sedikit.. knp ya? rontok krn pergantian bulu? ato karna sakit? tp kulit dibadannya mulus,ga luka2.. apa yg harus saya lakukan untuk stop kerontokannya,pliz 081298803188? xu depok tq

  2. Golden memang terkenal dengan bulu yg rontok,, mungkin karna suhu yang panas bikin bulu golden rontok lebat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: