Hematoma Pada Telinga Anjing

Hematoma pada telinga anjing atau istilah medisnya bernama hematoma aurikularis merupakan suatu keadaan dimana terdapat kumpulan darah dan cairan diantara kulit dan tulang rawan dari telinga anjing. Ini disebabkan karena pembuluh darah di telinga pecah sehingga darah akan mengisi ruang longgar dibawah kulit telinga. Hal ini menimbulkan bengkak pada telinga sehingga anjing akan merasa kesakitan, untuk itu segera dilakukan pengobatan dengan tepat. Apabila tidak segera diobati maka akan menimbulkan kerusakan jaringan kulit dengan cara membentuk jaringan parut dan akan menyebabkan kelainan telinga secara permanen.

Anjing Yang Beresiko Terkena Hematoma Pada Telinga

Hematoma pada telinga anjing ini dapat menyerang disemua umur, baik yang muda maupun yang tua atau dewasa.
Jenis anjing yang sering terserang adalah jenis anjing yang memiliki telinga yang terkulai seperti Golden Retriever dan Labrador Retriever.
Anjing yang terinfeksi penyakit telinga kronis, adanya tungau telinga atau adanya alergi yang menyebabkan gatal pada telinga, memiliki resiko yang besar terjadinya hematoma pada telinga anjing. Hal ini dikarenakan anjing akan mengaruk-garuk telinga serta mengeleng-gelengkan kepala dan bisa menyebabkan pembuluh darah ditelinga pecah.

Pengobatan Hematoma Pada Telinga Anjing
Hal utama yang harus dilakukan adalah mencari penyebab hematoma pada telinga anjing, mungkin disebabkan oleh tungau atau adanya alergi oleh sesuatu zat atau yang lainya. Setelah diketahui penyebabnya dan didiagnosis maka lakukan terapi. Karena jika ini tidak dilakukan maka pengobatan hematoma pada telinga anjing akan sia-sia, anjing akan mengaruk-ngaruk lagi dan akan menyebabkan pembuluh darah ditelinga pecah kembali.
Setelah diketahui penyebabnya maka langkah kedua adalah pembedahan pada kulit telinga yang terkena hematoma, lalu bersihkan cairan dan darah yang mengumpul di telinga tersebut dengan kapas bersih yang telah diberi antiseptik rivanol, berikan antibiotik bubuk dan taburkan diatas luka bekas hematoma tersebut lalu berilah iodine tingtur 10 %, lalu jahitlah luka sayatan tersebut.
Untuk perawatan pasca pembedahan, setiap pagi dan sore telinga anjing harus dipantau perkembangannya terhadap kemungkinan infeksi atau myasis larva lalat. Penggunaan obat diclopention secara spray untuk menghindari myasis pada luka sangat dianjurkan.
Jika hematoma yang terjadi kecil maka pengobatan yang paling tepat adalah mengeluarkan cairan dan darah tersebut cukup dengan jarum suntik, tidak perlu dilakukan pembedahan telinga.

About agungwira

Jalani hidup seperti air mengalir

Posted on Desember 22, 2012, in Tips - Tips Golden Retriever. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: