Perawatan Anjing Golden Retriever

anak anjing golden retriever
Memelihara anjing yang bersahabat dan serba bisa seperti Golden Retriever ini memang bisa menjadi pilihan yang cukup bagus untuk menghilangkan kejenuhan setelah bekerja seharian di kantor. Namun untuk memelihara anjing, khususnya golden Retriever, ada beberapa hal yang mungkin perlu anda ketahui agar baik anjing ataupun majikannya sama-sama baik.
Mungkin anjing ini memang bukan tipe yang agresif dan suka menyerang, tetapi membiasakan anjing ini nyaman berada di kandang sejak usia dini juga masih diperlukan. Tujuannya adalah untuk melatih kedisiplinannya agar saat ditinggal sendiri di rumah, anjing ini sudah terbiasa berada di kandang sehingga kejadian seperti tersengat listrik, minum obat kimia, menelan benda asing atau yang lainnya dapat diminimalkan.
Anda juga perlu sering-sering mengajak anjing Golden Retriever anda berjalan-jalan di luar rumah untuk menghindari kebosanan serta menjaga kebugarannya. Paling tidak anda bisa mengajaknya jalan-jalan keluar rumah sekali sehari. Selain untuk olah raga, kegiatan ini juga dapat berguna untuk mensosialisasikannya ke lingkungan sekitar.
Pada suhu yang dingin, bulu anjing Golden Retriever akan terlihat lebih mengembang, karena secara alami tubuh anjing ini akan beradaptasi dengan lingkungan sekitar agar tidak kedinginan. So, tidak masalah jika sering-sering berada di ruang ber AC. Untuk perawatan bulu anjing Golden Retriever, anda bisa mengelapnya menggunakan kain kanebo setiap hari untuk menjaga kelembaban serta membersihkan bulunya dari debu dan kotoran.
Pertumbuhan bulu sangat dipengaruhi oleh nutrisi (makanan) dan vitamin bulu. Ada kalanya lebih baik beberapa bulan sekali anda membawa anjing ini ke salon anjing untuk melakukan perawatan bulu.
Untuk induk yang hamil dan menyusui, anda bisa memberinya dogfood premium ataupun super premium. Sedangkan untuk anjing dalam posisi idle (tidak hamil/ menyusui, bukan anakan), anda bisa memberinya dogfood dengan kualitas dibawahnya. Selain lebih efisien, juga sesuai dengan kebutuhan.
Terkadang dogfood bagus yang mahal tidak cocok dengan pencernaan anjing, jadi makanan akan terbuang percuma dan pertumbuhan anjing menjadi terganggu. So, mungkin anda perlu mencoba beberapa merk dogfood untuk menemukan dog food yang cocok dengan anjing anda dan kantong anda.
Takaran dogfood yang diberikan juga tergantung dari mood dan kondisi anjing. Anda bisa mengira-ngiranya sendiri berdasarkan kebiasaan makan anjing tersebut. Atau bisa juga anda mengikuti takaran yang direkomendasikan pada bungkus dogfood yang anda beli.

About agungwira

Jalani hidup seperti air mengalir

Posted on Desember 29, 2012, in Tips - Tips Golden Retriever. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: